Faktor Penting Departemen SDM

Beberapa faktor yang menyebabkan kian pentingnya fungsi Departemen SDM ;
 
KOMPLEKSITAS PEKERJAAAN MANAJER
Pekerjaan manajer yang kian kompleks & manuntut adanya teknologi baru, kompetisi asing, perkembangan informasi ilmiah, dan perubahan yang begitu cepat membawa konsekuensi bagi manajer meminta bantuan kepada departemen SDM terutama masalah rekrutmen, evaluasi kinerja, kompensasi & disiplin.

 
picture source : www.pixabay.com

AKOMODASI KEBUTUHAN KARYAWAN
Membaiknya tingkat pendidikan masyarakat mengakibatkan pergeseran  terhadap nilai-nilai & ekspektasi di antara karyawan. Para karyawan menuntut organisasi utk menanpung kebutuhan pribadi mereka dgn membuat program seperti jadwal kerja yang luwes, dan berbagi pekerjaan. Peran sentral departemen SDM dlm hal ini adalah mengurangi friksi antara tuntutan orgaanisasional dan tanggung jawab keluarga.
 
PERATURAN PEMERINTAH
PP berdampak besar terhadap arti penting fungsi SDM. Empat bidang personalia yang paling terpengaruh oleh PP meliputi :
Persamaan hak kepegawaian, kompensasi, keselamatan kerja, dan hubungan ketenagakerjaan.
 
KONSISTENSI
Konsistensi sangat penting dlm kompensasi dan keputusan promosi. Jika manajer memutuskan kompensasi tanpa mengkonsultasikannya dgn departemen SDM, maka struktur gaji cenderung menjadi tdk lengkap & tdk adil. Demikian juga dengan promosi, akan ditangani secara tidak adil sekiranya departemen SDM tdk mengkoordinasikan berbagai keputusan dari masing-masing manajer.
 
KEAHLIAN
Sekarang ini banyak terdapat aktivitas SDM yg menuntut kecakapan khusus. Sebagai contoh beragam prosedur canggih telah dikembangkan dalam pengambilan keputusan seleksi karyawan ; rumus statistikal yg mengintegrasikan wawancara, skor tes, & informasi formulir lamaran telah menggantikan wawancara subyektif yang secara tradisional digunakan dlm pengambilan berbagai keputusan seleksi. Demikian juga dgn sistem kompensasi dgn paket tunjangan telah menggantikan sistem pembayaran atau insentif atas dasar jam kerja.
BIAYA SUMBER DAYA MANUSIA
Biaya paling besar di hampir semua organisasi adalah biaya tenaga kerja (personalia), yang sering lebih tinggi daripada yg seharusnya disebabkan oleh masalah ketidakhadiran, keterlamabatan, putaran karyawan, dan diskriminasi

Maksud dan tujuan MSDM 
 
1).  Tujuan Kemasyarakatan 
Tujuan sosial MSDM adalah agar organisasi bertanggungjawab secara sosial dan etis terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat seraya meminimalkan dampak negatif tuntutan itu terhadap organisasi.
Organisasi bisnis diharapkan dapat meningkatkan kualitas masyarakat dan membantu memecahkan masalah sosial.
Implikasinya, beberapa organisasi – khususnya perusahaan-perusahaan besar – telah menambahkan tanggung jawab sosial ke dlm tujuan perusahaan mereka dan menghubungkan sumber daya mereka kepada hal-hal seperti prog. kesehatan lingkungan, proyek perbaikan lingkungan, prog. Pelatihan & pengembangan dan mensponsori acara seni dan olah raga.
 
2).  Tujuan Organisasional :
Tujuan organisasional adalah sasaran (target) formal organisasi yang dibuat untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. Departemen SDM dibentuk untuk membantu para manajer mencapai tujuan organisasi.
 
3).  Tujuan Fungsional
Tujuan fungsional merupakan tujuan untuk mempertahankan kontribusi departemen SDM pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Pemborosan sumber daya akan terjadi apabila departemen SDM terlalu canggih maupun kurang canggih dibandingkan dengan kebutuhan organisasi. 
Departemen SDM semakin dituntut untuk menyediakan program-program rekrutmen, pelatihan dan memotivasi orang-orang terbaik.
Departemen SDM harus sadar & mengetahui riset & praktik mutakhir & mampu berfungsi sebagai “penguji realitas” ketika manajer lini mengajukan gagasan praktik dan arah yang baru.
 
4).  Tujuan Pribadi 
Tujuan pribadi adalah tujuan pribadi dari setiap anggota organisasi yang hendak dicapai melalui aktivitasnya di dalam organisasi.
Jika tujuan pribadi dan tujuan organisasi tdk cocok atau harmonis, maka karyawan barangkali memilih utk menarik diri dari perusahaan bahkan akan terjadi konflik antara manajemen dan karyawan.
Konsekuensinya departemen SDM haruslah terfokus pada pencapaian keharmonisan antara pengetahuan, kemampuan dan minat karyawan dgn persyaratan pekerjaan dan imbalan yg ditawarkan oleh organisasi. 





0 Response to "Faktor Penting Departemen SDM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel